a)
Head Up Display System (HUD)
Head up system display (disebut juga HUD) adalah salah satu system
penampilan data transparent tanpa membuat user kerepotan karena harus merubah
sudut pandang pengelihatan. HUD terdiri dari 3 komponen utama, yaitu proyektor,
cominer, dan video generation computer. Dalam perkembangannya HUD dibagi dalam
4 generasi, yaitu:
·
Generasi Pertama
Menggunakan CRT untuk menggenerasikan gambar pada layar fosfor.
Kerugiannya adalah menipisnya lapisan layar fosfor.
·
Generasi Kedua
Menggunakan solid state light sebagai sumber dayanya, sebagai contohnya adalah
layar LED, dimana layar LCD dimodulasikan untuk menampilkan gambar.
·
Generasi Ketiga
Menggunakan teknologi optical waveguides untuk memproduksi gambar secara
langsungdi combiner yang lebih baik dari pada menggunakan system proyektor.
·
Generasi Keempat
Menggunakan
teknologi scanning laseruntuk menampilkan gambar dan bahkan menampilkan video
pada media yang kurang transparent.
Berikut ini beberapa
interfacenya :
b)
Tangible UI
Tangible UI adalah sebuah user interface dimana seseorang berinteraksi
dengan informasi digital dengan setiap perangkat. Nama laindari Tangible UI
adalah Graspable User Interface dimana sudah tidak digunakan lagi. Pionir
pengembangan teknologi ini adalah Hiroshi Ishii, seorang professor dari MIT
Media Laboratory yang memimpin Tangible Media Group. Dia meneliti Tangible UI, yang disebut
Tangible Bits, yang memberikan informasi secara fisik, membuat bits secara
langsung bisa di manipulasi dan nampak nyata. Tangible UI menyatukan antara
bits dan atoms. Berikut ini karakteristik dari Tangible UI:
1)
Merepresentasikan secara fisik informasi digital
2)
Merepresentasikan secara fisik mekanisme untuk
control yang interaktif
3)
merepresentasikan secara fisik dengan perseptial
yang sama untuk mengaktifkan media digital representation
4)
memeriksa bagian tangible untuk mewujudkan kunci
aspek dari system digital state
berikut ini beberapa interfacenya
c)
Computer Vision
Computer vision adalah sebuah medan/media yang isinya termasuk metode
untun acquiring, prosesing, analising, dan mengenali sebuah gambar, pada umunya
, data berdimensi tinggi berasal dari dunia nyata untuk memproduksi informasi
numeric atau simbolik seperti form keputusan.
Computer vision juga menggambarkan otomatisasi tinggkat enterprise dan
integerasi jarak jauh. Sebagai disiplin teknologi, computer vision di
aplikasikan teorinya dan modelnya untuk membangun sebuah system computer
vision. Contoh applikasi computer vision :
·
Kontroling proses pada industry robot
·
Navigasi pada GPS
·
Modeling objek
·
Interaksi pada device
·
Dll
Berikut salah satu interfacenya :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar