Minggu, 17 Juni 2012

Alur Perekrutan Customer Asuransi

Alur Perekrutan Customer Asuransi

Ada beberapa tahap yang harus di lewati sebelum seseorang menjadi klien di sebuah perusahaan asuransi. Namun secara garis besar proses pendaftaran asuransu jiwa di bagi menjadi dua, yaitu prosedur administratif dan seleksi underwritting (seleksi internal).
1)      Prosedur Administratif
a)      Fotocopy KTP, SIM/Pasport/Akte lahir.
b)      Isi  formulir surat permintaan asuransi jiwa (SPAJ).
c)       Surat rekam medis dari rumah sakit.
d)      Bayar premi.
Dalam mengisi formulir SPAJ akan di temukan banyak pertanyaan seputar penyakit yang di derita oleh seorang calon pemegang polis. Hendaklah mengisi formulir SPAJ dengan jujur, jika tidak, ketika sesorang pemegang polis mengklaim dan perusahaan asuransi jiwa mengetahui ketidak-jujuran, maka kliam sudah pasti di tolak.

2)      Prosedur Underwritting (Seleksi Internal)
Jika calon pemegang polis dalam keadaan sehat pada saat mendaftar, maka pihak asuransui akan dengan mudah menerimanya. Soal uang pertanggungan, semakinn besar uang pertanggungan yang di pilih, berarti semakin ketat seleksi yang di lakukan perusahaan asuransi.
3 faktor utama dalam seleksi:
a)      Usia
b)      Uang Pertanggungan
c)       Status Kesehatan
Uang pertanggungan yag semakin besar menyebabkan seorang calon pemegang polis harus melakukan medical test.
Setelah melalu semua test oleh bagian seleksi, aplikasi yang kita ajukan ke perusahaan asuransi akan ditolak atau disetujui. Disetujui bila terjadi 2 kondisi:
1)      Disetujui dan terbitlah polis
2)      Disetujui, dengan bayar extra premi, dan terbitlah polis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar