Alur Perekrutan Customer Asuransi
Ada beberapa tahap yang harus di lewati
sebelum seseorang menjadi klien di sebuah perusahaan asuransi. Namun secara
garis besar proses pendaftaran asuransu jiwa di bagi menjadi dua, yaitu
prosedur administratif dan seleksi underwritting (seleksi internal).
1)
Prosedur Administratif
a)
Fotocopy KTP, SIM/Pasport/Akte lahir.
b)
Isi formulir surat permintaan asuransi jiwa
(SPAJ).
c)
Surat rekam medis dari rumah
sakit.
d)
Bayar premi.
Dalam mengisi formulir SPAJ
akan di temukan banyak pertanyaan seputar penyakit yang di derita oleh seorang
calon pemegang polis. Hendaklah mengisi formulir SPAJ dengan jujur, jika tidak,
ketika sesorang pemegang polis mengklaim dan perusahaan asuransi jiwa
mengetahui ketidak-jujuran, maka kliam sudah pasti di tolak.
2)
Prosedur Underwritting (Seleksi
Internal)
Jika calon pemegang polis
dalam keadaan sehat pada saat mendaftar, maka pihak asuransui akan dengan mudah
menerimanya. Soal uang pertanggungan, semakinn besar uang pertanggungan yang di
pilih, berarti semakin ketat seleksi yang di lakukan perusahaan asuransi.
3 faktor utama dalam seleksi:
a)
Usia
b)
Uang Pertanggungan
c)
Status Kesehatan
Uang pertanggungan
yag semakin besar menyebabkan seorang calon pemegang polis harus melakukan
medical test.
Setelah melalu semua
test oleh bagian seleksi, aplikasi yang kita ajukan ke perusahaan asuransi akan
ditolak atau disetujui. Disetujui bila terjadi 2 kondisi:
1)
Disetujui dan terbitlah polis
2)
Disetujui, dengan bayar extra
premi, dan terbitlah polis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar